PT Bernofarm Bekerja Sama dengan PMI Surabaya Mengadakan Donor Darah

14 Juni dipilih sebagai tanggal untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah dan nantinya didonorkan ke orang yang membutuhkan. Kegiatan donor darah bisa dikatakan rutin diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) seluruh daerah Indonesia tanpa terkecuali. Dilansir dari PMI dinyatakan bahwa setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Sesuai standar World Health Organization (WHO) jumlah kantong darah yang harus tersedia di suatu negara adalah 2% dari populasi nasional, yang artinya Indonesia membutuhkan kantong darah sekitar 4,5 juta dalam setahun. WHO juga memberikan data pada tahun 2015 Indonesia kekurangan jumlah produksi darah secara nasional, yaitu sekitar 500 ribu kantong darah tiap tahunnya. 

Melihat dari data World Health Organization (WHO) serta Palang Merah Indonesia (PMI) bahwa masih banyak kebutuhan darah di Indonesia, Bernofarm berinisiatif untuk ikut kembali terlibat membantu mengumpulkan kantong darah bagi Indonesia. Pada 13 Oktober 2021, tim EHS dari PT. Bernofarm kembali berhasil menggandeng PMI Surabaya untuk mengadakan donor darah di perusahaan ini. Diselenggarakannya kegiatan ini membuat karyawan Bernofarm excited untuk ikut ambil bagian mendonorkan darahnya. 

Donor darah bukanlah kegiatan menakutkan karena akan kehilangan darah saat donor, faktanya donor darah memberikan dampak mutualisme bagi pendonor maupun penerima donor. Banyak manfaat donor darah bagi seorang pendonor yaitu memelihara kesehatan jantung dengan menjaga jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil supaya tidak terjadi kekentalan darah, meningkatkan produksi sel darah merah karena tubuh akan menstimulasi produksi sel darah merah yang baru, membakar kalori sekitar 650 kCal apabila mendonorkan sekitar 450 ml darah, meminimalisir resiko hipertensi dan kanker, dapat mendeteksi penyakit serius serta hidup lebih lama karena ada research mengatakan saat mengajukan diri secara sukarela dengan alasan altruistik dapat menurunkan resiko kematian selama 4 tahun ke depan. Begitu banyak benefit dari donor darah membuat karyawan Bernofarm tidak hanya berbagi untuk orang lain namun juga berguna bagi kesehatan diri yang semakin meningkat saat menjadi pendonor. Kegiatan yang diselenggarakan tim EHS bersama PMI Surabaya ini berhasil meningkatkan kesadaran karyawan Bernofarm akan pentingnya donor darah. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.